HOWTO Perpanjang SIM A

Howto untuk perpanjang SIM A tanpa calo ^^
Howto ini kemungkinan juga mirip untuk bikin SIM baru, SIM C, dan SIM lainnya.

Persiapan:
1. Pake sepatu
2. Pulpen
3. Uang kira2 150rebu
4. Foto kopi KTP dan SIM

Tempat:
Daan mogot (SAMSAT)
Jam kerja: 8.00 sampai 12.00


Langkah2nya:

Pertama datang bayar parkir motor atau mobil.
Trus masuk lewat pintu depan, kasih lihat KTP.

Trus ke kanan, cari loket pemeriksaan kesehatan.
Bayar 10rebu, kasih KTP asli & foto kopi SIM

Abis itu masuk ke ruangan kesehatan,
periksa mata (disuruh baca tulisan kecil2)

Trus nunggu di luar, sampai dipanggil namanya.
Ntar dikasih hasil test kesehatan.

Langkah selanjutnya, minta form asuransi dan isi.
Trus kasih form asuransi, bayar 15rebu.

Lalu beli formulir perpanjang SIM (60rebu) atau formulir bikin SIM baru (75rebu).
Isi formulirnya.

Trus kasih formulir ke loket nomor 21 beserta SIM asli yang lama dan foto kopi KTP.
Ntar dia kembaliin KTP kita yg asli.
Lokasi loket nomor 21: kalau tadi belok kanan untuk ke pemeriksaan kesehatan.. nah ini belok kiri.
Bayar 50rebu (Yang ini ngga ada bukti pembayaran, jadi curiga)

Trus kita foto ke loket 23 - 27 pilih salah satu. Kasih KTP asli dan kertas lain2nya.
Nunggu dipanggil.
Kalau udah di foto, sidik jari dan tanda tangan (digital semua).

Bis itu keluar ke tempat tunggu pengambilan SIM. Tunggu dipanggil namanya baru antri.

Udah deh gitu aja, total biaya perpanjang SIM 135rebu.



PS: Kalau mau lebih gampang lagi, hunting SIM Keliling.

Comments

Computer2 said…
weleh2... ribet, pake calo aja om.. bisa sejam kali tuh hauehuaehu....
setengah harian yah, lama juga ya...
Superbiji said…
Bah cupu nih, gw tadinya mo pake calo.
Eh ternyata harus foto juga, harus dateng juga.. ya sama aja lah
Mending ngurus sendiri
computer2 said…
hehe tapi khan hemat waktu, gue lom perna seh ngantri2.. waktu kemaren pake sim keliling huhuhu..
Anonymous said…
cuman 1 jam-an, kalo udah tau prosedurnya bisa 1/2 jam. ya sama lah kaya sim keliling, bedanya loe harus tau prosedur di samsat, antriannya juga dibedain antara yg baru ama perpanjang. ya .. intinya sih sama aja.. cari aja yg lebih deket lokasinya :p
Computer2 said…
oh yeah!!
really ??

Popular posts from this blog

Tips Jika Mobil Anda Habis Bensin LOL!

Setting open office u label tom & jerry